Honda berpotensi menjadi produsen “Matik Injeksi Duluan!”

5 09 2011

Menindaklanjuti posting mengenai siapa bikin matik injeksi duluan (baca disini ), memang motoisme mendapat beberapa comment. Namun tanpa mengurangi rasa hormat motoisme kepada pengunjung motoisme blog, menurut motoisme sendiri Honda memiliki kans besar menjadi produsen Matik Injeksi Duluan alias yang pertama di Indonesia. Why? Yuuk kita bahas!

NSC110, standar produk Matik Honda Global

Nagh Masih teringat dengan sketsa diatas? AHM selaku ATPM Honda di Indonesia memiliki produk Global Model NSC 110 seperti ilustrasi diatas yakni Honda Spacy Helm In. Dimana NSC sendiri merupakan kepanjangan dari New Standard Commuter yang menjadi standar produk Honda Global. Akan menjadi mudah dimana Global produk tersebut secara Internasional sudah didevelop dengan menggunakan sistem pengkabutan programmed fuel injection (PGM-FI).

Honda Spacy Helm produk NSC dari AHM

Dikutip dari website Honda World Wide, produk NSC 110 cc ini memang didevelop dengan sistem injeksi, untuk market seperti negara-negara Jepang (Honda DIO) , Cina (Honda Breeze), Eropa (Honda Vision) dan Negara-negara lain. Konsep dari matik commuter ini sendiri adalah “Top-of-class fuel efficiency” yang menyasar konsep matik irit dan efisien.

Mesin NSC 110 Injeksi

Menurut motoisme untuk sekelas Honda hanya untuk mendevelop Honda Spacy Helm In menjadi matik dengan sistem injeksi bukanlah hal yang susah dan tidak mungkin. Mengingat India saja yang yang produk roda duanya selalu dibandingkan dengan Indonesia sudah menyajikan sistem pengkabutan injeksi di NSC 110 cc nya dengan nama Honda Vision. Selain itu, AHM pun tidak perlu repot-repot memikirkan common partnya, karena basicnya sudah mengambil dari tipe Honda Spacy. Jika kita mengacu pada HSX 125 yang injeksi, perubahan yang signifikan pun tidak terlalu banyak, dimana hanya cylinder comp (silinder) dan cylinder Head yang mengalami perubahan besar.

Sistem PGM-FI pada HSX 125

Memang pasar matik injeksi di Indonesia belum ada yang mencoba, dan memang belum diketahui marketnya akan seperti apa. Namun perang branding disini bukan berarti tidak mungkin. Perang siapakah yang akan menjadi first mover dengan menyajikan sistem Injeksi seakan-akan menjadi adu gengsi, dan bisa mendongkrak image perusahaan. “Ini logh…guwa bisa bikin produk canggih!”. Walaupun mungkin nasibnya hanya akan seperti Honda Revo AT dan Yamaha Lexam.

Di website  Honda world wide sampai saat ini dijelaskan pula untuk produk NSC 110 cc khusus Indonesia masih menggunakan sistem karburator. Mungkin hal ini belajar dari kasus-kasus produk bebek dan betik injeksi yang kurang laku di Indonesia sehingga produk Honda Global di Indonesia dilakukan konversi dan disesuaikan dengan pasar yang masih demen karburator. Tapi who knows matik injeksi di Indonesia bisa laku! Menurut motoisme jika value yang disajikan bisa melebihi ekspektasi konsumen, seperti harga yang tidak terlalu tinggi (mengingat produk yang disemati injeksi pada matik low end), dan efisiensi bisa meningkat lebih dari 10% bisa membuat aktual pasar berkata lain. Yuuuk kita tunggu siapa yang duluan!!

Artikel terkait :

Siapa bikin matik injeksi duluan?

About these ads

Aksi

Information

11 tanggapan

5 09 2011
GLW10092

Sebenernya tergantung regulasi pemerintah andai dipaksakan harus injeksi menurut sy konsumen/masyarakan indonesia nurut… Contoh saja dari minyak tanah ke elpiji… Pada awalnya timbul gejolak kritik dll… Tp dngn berbagai keuntungan dan efisiensi… Hal itu sukses… Soooo… Tidak ada yang tidak mungkin….

5 09 2011
mat jibrut

Setuju ama GLW, sama seperti sistem AHO.. Suatu saat semua mtor di indo berAHO

5 09 2011
Ebony

Tapikan AHM belum ada jadwal untuk matic injeksi Mas???

5 09 2011
5 09 2011
fauzi nur_c

Masih antara honda matic injeksi dan mio (yamaha) injeksi. Rencana ini masih digodok matang2 oleh masing ATPM. Kita tunggu siapa yg brojol duluan mzbro, cz masing2 dah punya teknologinya.

Nitip : http://fncounter.wordpress.com/2011/09/05/konfirmasi-yamaha-india-launching-new-r15/

6 09 2011
Ay

Kl mau ngeluarin motor injeksi, jgn ada yg versi karbunya, dijamin yg versi injeksi gak bakal laku krn hrgnya lbh mahal dr yg versi karbu!

7 09 2011
warung DOHC

setuju mang ay :mrgreen:

15 09 2011
Taufik

nah lho ada acara makan memakan share market sodara sendiri ?? :mrgreen:

15 09 2011
motoisme

yah paling tidak efek first mover “matik injeksi duluan” bakalan mendendang. Brand image sepertinya lebih diutamakan degh. Yah kalau belajar dari kasus Supra Injeksi kan ya gak bisa ngalahin yang versi karburator :D.
Selain itu kalau kedua kompetitor juga sudah berdesas desus tentang matik injeksi pun mereka juga bakalan saling memakan dari famili sendiri. ya togh….

15 09 2011
speed_lover

yah,, honda kali ini akan jadi first movernya matic injeksi,,, lama-lama kepincut juga nih hati gue ama spacy,, apalagi yang injeksi…. bener-bener wah!!!,,

24 09 2011
agusndean

Premium di Indonesia lum cocok dengan Injeksi dan Kalo produsen buat motor injeksi takut tidak laku X ye? He..8x

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 26 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: