Menerawang Langkah Honda di kelas Bebek menengah diatas110 cc

6 08 2011

Well, Kali ini motoisme ingin membahas tentang segmen kelas motor para bebek menengah diatas 110 cc (mesin selonjor ya…bukan mesin tegak!). Segmen bebek di kelas ini ini sangat bergairah, dimana adu gengsi terjadi disini.  Menariknya lagi, di segmen ini produk-produk dari produsennya masih dibilang fresh dan beberapa telah dilakukan refreshment. Alasan mengapa motoisme membahas tentang ini ya dikarenakan adanya gosip motor honda 125 cc akan muncul…

Varian bebek premium >110 cc terhadap penjualan dengan "Laku matrik"

Ada siapa saja disana?  Ada Honda Supra 125 (HSX 125), Suzuki Shogun Axelo, Kawasaki Edge, Yamaha Jupiter Z (NJZ 115). Disini Jupiter Z kita kategorikan kedalam klasemen ini  berdasarkan kubikasi engine nya yang berkapasitas 115 cc (lebih dari 110 cc) dan selain itu di road race sendiri Yamaha menggunakan bebek ini😀.

Di kelas ini memang Honda sudah mengukuhkan diri sebagai jawara, jauh meninggalkan lawan-lawannya. Tapi mengapa Honda berniat menelorkan varian baru malah di kelas premium >110 cc ini? Mengapa tidak di kelas >125 cc yang notabene gacoan Honda sampai kalah telak, bahkan CS1 tak berkutik, hanya ngelitikin saja ibaratnya. Atau tidak di kelas motor sport yang mana NMP belum bisa menumbangkan si giant killer V-ixion?

Pangsa Pasar bebek Di Indonesia Bulan Januari - Juni 2011 (sumber : edorusyanto)

Apakah Honda ingin membuat lawannya kalah telak hingga mati “klesek”di segmen yang pasarnya konsumen multi-age ( muda dan tua)  ini? dan ingin mengukuhkan Si HSX 125 yang penjualan perbulannya di kisaran 45 ribuan unit menjadi Rajanya bebek ? Menurut Motoisme dengan menelurkan sang adik yang akan dilaunching 1 bulan lagi, honda memiliki strategi yang sangat rapi untuk menutup segment bebek >110 cc dengan konsep fungsionalitas. Dengan membangun segmentasi unik, yakni diverensiasi model baru yang sebenarnya belum ketauan demandnya, Honda akan sekali dayung 2-3 pulau terlampaui, dengan menelurkan 1 produk tambahan akan menghambat laju kompetitor untuk mendekati HSK dan mengetes daya serap pasar dengan spesifikasi bagasi dan tangki berkapasitas besar.😀. *bisa jadi belajar dari kasus Spacy🙂

Perkiraan Produk Baru Honda Miip Biz 125 cc dengan beberapa perubahan🙂

Tapi langkah menelurkan sandingan bukan berarti tidak akan mengikis penjualan HSX 125, tapi mungkin honda berani berspekulasi dengan type baru nanti akan lebih berdampak ke kompetitor daripada ke HSX sendiri, ibarat kata pepatah “tidak ada yang sempurna di dunia ini, selalu ada kurang dan lebihnya”.

Tapi, Apakah honda sudah mempelajari kasus kirana dan Karisma? Seperti motoisme ingat waktu dulu, Karisma 125 itu muncul dengan body yang sangat gambot bin montok (bemo=bebek montok), yang kemudian sejalan dengan waktu, disunat dikit-dikit jadi kurus hingga menjadi seramping HSX 125. Tau kahn body yang disunat? itu loooh….di lekuk bawah rider itu loh!!

honda karisma, menjadi bibit yang diriset jadi HSX 125

Baiklah silakan dikomentari, kurang lebihnya motoisme, saya minta maaf😀


Aksi

Information

9 responses

6 08 2011
Polenk Merkesenk

Podium

6 08 2011
Kevin

Sama aja nasib ny ma kirana

6 08 2011
ipanase

wkwkw, kalo sampe bioz keluar, NGGILANII

6 08 2011
cafebiker

mantebb ulasanya

6 08 2011
6 08 2011
gydor

ok sip lah…

7 08 2011
Ay

Kirana V2…😀

7 08 2011
7 08 2011
jabul2

karisma masih ogut pake tuh.. jos gandhosss. pantes kalo hsx lebih cakep

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: