Blogger sebagai Agen “word of mouth communication”; Era Baru Marketing!

15 08 2011

Kali ini motoisme berusaha membahas sedikit tentang marketing strategy yang menjadi salah satu senjata bagi sebuah perusahaan agar produknya diterima oleh pasar. Demand terhadap produk otomotif seperti sepeda motor yang cukup signifikan menjadikan Indonesia menjadi pasar ketiga terbesar di dunia, hal ini menjadikan indonseia sebagai pasar potensional untuk pabrikan sepedamotor yang sudah eksis di Indonesia dan pabrikan lain untuk menancapkan kukunya di Negara kepulauan ini.

Test Ride New Honda Blade (pict: TMC blog)

Melihat perkembangan internet di Indonesia yang sangat drastis, konsumen akan sedikit banyak menggunakan akses internet untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya terhadap sebuah produk yang mereka butuhkan. Bahkan motoisme pun sedikit banyak jika ingin membeli sesuatu barang berusaha untuk mencari tahu dahulu melalui internet, dan berusaha mengeruk informasi sebanyak mungkin terhadap review dari produk yang ingin dibeli. Disini Blogger yang memiliki bahasa lugas dan jauh dari bahasa marketing mejadi informan yang dapat dipercaya, blogger dengan bahasa yang lugas melakukan beberapa review bahkan sampai memberikan informasi secara gratis “know how” yang mereka miliki.

undangan (pict :tmc blog)

Motoisme menyimpulkan dari buku Schiffman dan Kanuk (2002;28) , komunikasi tidak hanya menghubungkan konsumen dan produsen, tetapi juga menghubungkan konsumen dengan lingkungan sosialnya. Dimana komunikasi pemasaran bisa terjadi dalam dua jenis, yaitu:

  1. Komunikasi pemasaran  yang berasal dari perusahaan.Biasanya berupa informasi produk atau perusahaannya kepada masyarakat luas. Seperti yang sudah berlangsung akhir-akhir ini, dimana pabrikan mengundang para blogger untuk  diberi wejangan informasi mengenai produk barunya dan diberi test ride produknya, seperti launching, Buka bareng sampai bedah teknologi Acara ini termasuk dalam Komunikasi pemasaran  yang berasal dari perusahaan dalam bentuk promosi dan segala macam baurannya (termasuk test ride). Artinya perusahaan tersebut berusaha menginformasikan produk atau perusahaannya kepada masyarakat luas agar  mereka mengenal dan kemudian membeli produk perusahaan tersebut. Ohya disini motoisme asumsikan Blogger adalah bagian dari konsumen.  Karena Blogger berada di luar lingkup produsen.
  2. Komunikasi pemasaran  yang berasal dari konsumen. Komunikasi pemasaran yang berasal dari konsumen/ masyarakat terjadi dalam bentuk respon yang merupakan akibat  dari penggunaan produk suatu perusahaan, komunikasi jenis ini kemudian disebut word of mouth communication, atau lebih dikenal getok tular.Nah, Blogger memiliki efek getok tular kah? Yap benar sekali! Blogger memberikan dampak getok tular yang cukup baik!  Setelah mendapatkan product knowledge yang sudah disosialisasikan dengan komunikasi pemasaran  yang berasal dari perusahaan, Blogger tak segan-segan membagikan informasi yang telah diterima kepada masyarakat luas melalui blog yang dimiliki. Selain itu pula, blogger tak keberatan sampai membuat video, mereview dengan peralatan digital yang dimiliki! Malahan sangat komplit-plit-plit-plit! Blogger merupakan bagian dari konsumen yang memiliki sebuah halaman di dunia maya sebagai tempat mereka mengekspresikan apa yang ingin mereka katakan!Nigh salah satu contoh rekaman yang dibikin oleh mas bro triatmono  : 

Selamat datang di era marketing WOM melalui agen komunikasi Blogger! Dijamin kekuatan persuasi yang dihasilkan akan lebih hebat dari kekuatan persuasi yang dilakukan salesman. Seribu kali omongan salesman mengenai kehebatan sebuah produk tak ada artinya dibandingkan sekali omongan konsumen ke konsumen lain. Konsumen atau blogger menjadi kekuatan yang dahsyat sebagai ”salesman” yang jujur, orisinil, dan objektif dalam mempengaruhi konsumen lain. Tentunya dengan gaya bahasa khas yang dimiliki masing-masing blogger. Nah, kalau bloggernya sales dari salah satu perusahaan pastinya akan memiliki bahasa yang sangat kaku dan pasti akan terlihat aneh. Inilah kehebatan pendekatan pemasaran masa depan, yang disebut “WOM marketing”.

artikel terkait :

1. Artikel Bloogger sebagai agen word of mouth communication; era baru marketing di review Blogger top (Bro Triatmono)

2. Pentingnya Kualitas  Produk (1)

3. Pentingnya Kualitas  Produk (2)


Aksi

Information

24 responses

15 08 2011
cafebiker

betu mas bro, dan untungnya atpm juga sadar keberadaan para bloger dengan sering mengundang test ride atau sejenisnya

Titip kang http://cafebiker.wordpress.com/2011/08/15/menerawang-strategy-psywar-r15-ala-yamaha/

16 08 2011
Review Blogz,… Artikel bagus dari Motoisme …!!! « Rudi Triatmono Personal Blogs

[…] membaca artikel dari Motoisme disini… menurut juragan artikel nya bagus banget …!!! Blogger ini mengupas tentang peranan […]

16 08 2011
triatmono

top markotob… artikelnya… !!!😀

16 08 2011
azizyhoree

udah tau dari dulu Gus…. :mrgreen:

16 08 2011
motoisme

kasih cendol donk🙂

16 08 2011
Mupenk
16 08 2011
hairus mataram

Mantap ulasannya nih

16 08 2011
Ay

Kl begawan blogger macam mas Tri udh bilang top markotob… Monggo simpulken sendiri…😀

16 08 2011
SD

Blogger bagai marketing bayangan, bisa menaikkan penjualan, tapi bisa juga menghacurkannya. Pihak penjual berbaik-baiklah dengan para blogger ya.🙂

Nitip ya :
Manusia itu Makhluk Bingung http://summer26dawn.wordpress.com/2011/08/15/manusia-itu-makhluk-bingung/

17 08 2011
amedia

belajar dari kasus cb150r… hal tersebut kayaknya sudah berlaku

16 08 2011
ki demang

jusgindus..😆
tp blogger nubie yg kurang wawasan kaya saya termasuk bisa menyampaikan pesan atau sebagai marketer juga
mohon pencerahan:mrgreen:

16 08 2011
Cah Nglegok

Way Of Life laaah….

16 08 2011
Hazzen

siiiipppp

16 08 2011
blade_us

artikel yang mangstaabb……

jangan anggap remeh blogger:mrgreen:

http://bladeus.wordpress.com/2011/08/16/gendeng-chasis-vespa-50cc-ditemploki-mesin-600cc/

16 08 2011
motoisme

to all

kamsia…kamsia…😀

16 08 2011
TDF

the power of blogger

16 08 2011
16 08 2011
Tugino Putro

Siiipp dah… Ketika peranan blogger makin diperhitungkan, maka kiprahnya kan selalu dinanti

16 08 2011
mercon

hmmm… sama dong kayak WOM finance,,,:mrgreen:

*gubrak…..

16 08 2011
absoluterevo

Mantap

17 08 2011
ipanase

asikkkk, mantatatap, gratis tepat sasaran, walau bakar bakaran

17 08 2011
baju koko muslim

sama gan, ane jg gt tanya mbah gugel dl seblm membeli produk😀

18 08 2011
kang_ulid

asline ra mudheng… Tapi sip!!!

19 08 2011
jonmotor

hahahaha bener banget..blog emang saranan yg tepat banget untuk promosi (apalagi dengan budget terbatas ==> kaya saya hehehehe)
smoga ke depan bloger indonesia tambah maju!! amiiin ^^
ohya.. kalo berkenan kunjungi blog saya ya : http://www.jonmotor.blogspot.com
blog sputar info helm dan perlengkapan pengendara motor

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: