Pentingnya Kualitas Produk (1)

26 08 2011

Halo mass bro semua, kali ini motoisme ingin membahas tentang pentingnya kualitas produk setelah motoisme teringat tentang salah satu pembelajaran yang pernah motoisme pelajari di bangku kuliah. Di tengah persaingan pasar yang ketat, banyak perusahaan maupun pabrikan yang membicarakan tentang kualitas, dimana menurut mereka kualitas produk mereka itu yang nomor satu! Dan selain itu beberaapa kepedulian terhadap kualitas produk mereka menjadi alasan untuk mencari hati konsumen. Dilain pihak, Konsumen akan merasa sangat puas dan senang jika produk yang mereka beli sesuai dengan ekspektasi mereka, sesuai dengan keinginan mereka dan sesuai dengan apa yang telah digembor-gemborkan terhadap sebuah produk. Masalah kualitas suatu produk bisa menjadi bahan pembicaraan yang bisa bikin geger dan menjadi gosip hangat dan akan menjadikan sentimen negatif terhadap suatu brand. Artinya apa, disini Kepuasan pelanggan atau customer satisfaction langsung maupun tidak langsung akan berpengaruh terhadap penjualan dan market share (pencapaian pasar).

8 Dimensi Kualitas Menurut Garvin

Di Negara Bro Obama yang pernah tinggal di Indonesia, banyak lembaga konsultan ternama yang memublikasikan hasil penelitiaanya mengindikasikan  bahwa customer satisfaction dengan indeks kepuasan tinggi mengalami peningkatan pertumbuhan penjualan dalam periode tertentu. Sebaliknya produk dengan level indeks kepuasan rendah, pertumbuhan penjualannya cenderung minus yang membawa ke awal kehancuran menuju kebangkrutan.

Temuan diatas menjadi tantangan besar, khusunya para jajaran manajemen (mengingat blog ini adalah blog automotive khususnya manajemen pabrikan kendaraan bermotor :)). Mendesain dan mengembangkan produk dengan fokus pada keinginan dan kepuasan konsumen menjadi sesuatu yang tidak dapat ditawar. Tak heran pabrikan sepeda motor maupun mobil akhir-akhir ini semakin sering berinovasi.

Kualitas menjadi salah satu tolok ukur penting terhadap kepuasan pelanggan. Namun yang menjadi pertanyaan besar yang perlu dipecahkan “kualitas seperti apa sih yang sesunguhnya diinginkan oleh konsumen? Menyangkut poin apa saja?  Apa sajakah parameternya? Apakah produk yang memiliki estetika yang menarik sudah cukup memuaskan customer?……. Bersambung

Masih mau dilanjut pembahasannya? ikuti terus posting motoisme!

artikel terkait :

1. Bloogger sebagai agen word of mouth communication; era baru marketing

2. Pentingnya Kualitas  Produk (2)


Aksi

Information

7 responses

26 08 2011
ipanase

harus berkualitas dan penuh inopasi

26 08 2011
mbr666

syarat wajib tuh mas bro…

26 08 2011
souverein

mau lancar???selain stock juga kualitas no 1
pingin jadiin motor pake ban tubeless??
http://motomotif.wordpress.com/2011/08/26/semua-jenis-ban-motor-bisa-dibuat-tubelesstapi/

27 08 2011
azizyhoree

mantep

27 08 2011
dody

Bukan cuma kualitas tpi juga pelayanan….

Numpang lewat————>http://dodyarmando.blogspot.com/2011/08/bangun-pabrik-di-indonesia-bajaj-kok.html

22 10 2011
tugas softskill « Seftiean's Blog

[…] https://motoisme.wordpress.com/2011/08/26/pentingnya-kualitas-produk-1/ Like this:LikeBe the first to like this post. Comments RSS feed […]

11 11 2011
ssst

diam loe pada
Pake honda bukan yg lain

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: