Sereeem….Asap Knalpot Picu Serangan jantung!

26 09 2011

kemacetan Jakarta (pict :ilhamdwik.blogspot)

Bicara tentang Hiruk pikuk Jakarta memang tak lepas dari kemacetan. Dibalik cerita kemacetan tentunya terdapat beberapa hal terkait dengan Bikers! Betuuul? Yap betul! Salah satunya adalah dampak terhadap kesehatan. Tahukah mas bro semua bahwa asap knalpot itu dapat memicu terjadinya serangan jantung?

Sebenarnya sih efeknya tidak setelah terjebak dalam kumpulan polusi langsung terkena serangan jantung, hanya saja efek akumulasi dari tercemarnya tubuh kita oleh polusi itu dapat menyebabkan timbulnya serangan jantung. Direktur British Heart Foundation, Prof Jeremy Pearson membeberkan informasi bahwa catatan medis dari hampir 80.000 pasien yang terkena serangan jantung telah dipelajari bersama dengan data polusi udara untuk melihat apakah ada hubungan antara polusi dengan gejala serangan jantung.

Studi skala besar ini menunjukkan secara meyakinkan bahwa risiko Anda terkena serangan jantung naik, sekitar enam jam setelah menghirup asap knalpot kendaraan,” ( Prof Pearson )

Hal senada juga dijelaskanBank Dunia, bahwa adanya kandungan timbal dari asap knalpot dapat menyebabkan menurunnya tingkat kecerdasan, meningkatkan resiko penyakit jantung koroner dan hipertensi.

kemacetan motor (pict : Media Indonesia)

Menurut pengamatan Pusat Penelitian Masalah Perkotaan dan Lingkungan (PPMPL) DKI, dari sekian banyak knalpot, berhamburan CO (carbon monoxida) yaitu semacam gas beracun. Semakin macet lalu-lintas, semakin banyak pula gas CO itu mengepul. Siapa yang sagat berpotensi menghirupnya? Yap pengendara sepeda motor, para penumpang bis kota yang sedang naik maupun yang sedang menunggu bis di pinggir jalan. Polusi oleh kendaraan bermotor lebih besar daya pencemarannya dibandingkan dengan yang dialami kaum buruh di pabrik yang bersifat lokal. Kadar CO yang terhirupt lewat pernafasan memasuki tubuh melalui paru-paru. Dalam paru-paru ia bersenyawa dengan hemoglobin (Hb), membentuk COHb, sedang Hb bekerja membawa oksigen ke sekujur tubuh. Celakanya kemampuan hemoglobin ini untuk mengikat CO adalah 200 hingga 300 kali lebih besar dibanding dengan kemampuannya mengikat oksigen. Akibatnya, kadar oksigen dalam darah berkurang hingga bisa membuat orang merasa pusing, pingsan bahkan bisa juga meninggal dunia. Semakin banyak CO yang terkandung dalam darah semakin besar ancamannya terhadap kesehatan.

Yuuk pakai masker (pict : antarafoto)

Nagh loh…. Gimana mas bro semua masih berani buka-bukaan di jalan? mari gunakan masker untuk melindungi diri kita sebagai bikers yang peduli kesehatan dan masa depan! Masker juga banyak macemnya kok…kini sudah banyak dijual di toko-toko aksesoris maupun apotik.  Semoga bermanfaat😀


Aksi

Information

2 responses

26 09 2011
mbr666

serem nih mas…

26 09 2011
anharvictor

atut….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: